Cara Membuat Cilung Lembut dan Gurih yang Cepat dan Mudah

Cara mudah membuat cilung, jajanan tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung kanji dan bumbu rempah. Sajikan dengan saus kacang atau kecap manis.
Cara Membuat Cilung Lembut dan Gurih yang Cepat dan Mudah

Bahan Dasar untuk Membuat Cilung:

Untuk membuat cilung, Anda memerlukan beberapa bahan dasar berikut:

  • 100 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 1 1/2 gelas air matang
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh lada bubuk
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • Minyak goreng untuk menggoreng

Cara Membuat Adonan Cilung:

1. Campurkan tepung terigu, tepung tapioka, telur, air, bawang putih cincang, lada bubuk, kaldu bubuk, garam, dan gula pasir ke dalam mangkuk besar. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan membentuk adonan yang kental dan halus. Jika adonan terlalu kental, tambahkan sedikit air hangat. Jika adonan terlalu encer, tambahkan sedikit tepung terigu.

Cara Membuat Cilung:

2. Panaskan minyak goreng dalam wajan atau penggorengan dengan api sedang. Pastikan minyak goreng sudah cukup panas sebelum memasukkan adonan cilung. Untuk mengecek apakah minyak goreng sudah cukup panas, masukkan sedikit adonan cilung ke dalam minyak. Jika adonan langsung mengapung dan bergerak ke atas, berarti minyak goreng sudah cukup panas.

3. Ambil sedikit adonan cilung menggunakan sendok atau sendok makan. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil atau sesuai selera. Pastikan adonan tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Ukuran cilung yang ideal adalah sebesar bola golf.

4. Masukkan bola-bola adonan cilung ke dalam minyak goreng yang sudah panas. Goreng cilung hingga matang dan berwarna kuning keemasan. Pastikan cilung matang merata hingga ke bagian dalam.

5. Angkat cilung yang sudah matang dari wajan atau penggorengan. Tiriskan cilung dari minyak goreng yang berlebih. Sajikan cilung hangat-hangat dengan saus sambal atau saus tomat.

Tips Membuat Cilung agar Lebih Enak:

1. Pastikan adonan cilung tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Jika adonan terlalu kental, cilung akan menjadi keras dan sulit digigit. Jika adonan terlalu encer, cilung akan menjadi lembek dan tidak mengembang sempurna.

2. Goreng cilung hingga matang merata hingga ke bagian dalam. Jika cilung tidak matang sempurna, cilung akan terasa lembek dan basah.

3. Sajikan cilung hangat-hangat dengan saus sambal atau saus tomat. Cilung yang disajikan hangat-hangat akan lebih nikmat dan gurih.

Variasi Cilung yang Bisa Anda Coba:

1. Cilung Isi Telur: Tambahkan telur rebus ke dalam adonan cilung sebelum digoreng. Setelah cilung matang, Anda bisa membelahnya menjadi dua bagian dan menambahkan saus sambal atau saus tomat ke dalamnya.

2. Cilung Isi Keju: Tambahkan parutan keju ke dalam adonan cilung sebelum digoreng. Setelah cilung matang, Anda bisa membelahnya menjadi dua bagian dan menambahkan parutan keju lagi ke dalamnya.

3. Cilung Isi Sosis: Tambahkan potongan sosis ke dalam adonan cilung sebelum digoreng. Setelah cilung matang, Anda bisa membelahnya menjadi dua bagian dan menambahkan saus sambal atau saus tomat ke dalamnya.

4. Cilung Isi Bakso: Tambahkan potongan bakso ke dalam adonan cilung sebelum digoreng. Setelah cilung matang, Anda bisa membelahnya menjadi dua bagian dan menambahkan saus sambal atau saus tomat ke dalamnya.

5. Cilung Isi Ayam: Tambahkan potongan ayam yang sudah dimasak ke dalam adonan cilung sebelum digoreng. Setelah cilung matang, Anda bisa membelahnya menjadi dua bagian dan menambahkan saus sambal atau saus tomat ke dalamnya.